Aktivitas Kemahasiswaan – KJS

Date : 2016-Jun-06

Salah satu kegiatan kemahasiswaan bagi kelas karyawan STIBANKS Al Ma’soem yang diperuntukan untuk mengembangkan miat dan potensi dalam bidang sosial dan keagamaan adalah Kajian Jum’at Sore (KJS). KJS adalah forum diskusi dan sosialisasi mahasiswa kelas karyawan (khususnya) yang secara khusus mengkaji tentang masalah-masalah sosial teraktual dan kajian agama Islam secara general.

KJS adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang bekerjasama dengan Kelompok Studi Islam (KSI) STIBANKS Al Ma’soem untuk menjadi wadah bagi mahasiswa berdiskusi dan dan bertukar pikiran. Diskusi seputar Islam menjadi bagian utama dalam pembahasan yang biasa dibahas pada KJS, tapi tidak jarang juga diskusi-diskusi yang dilakukan menyoroti juga permasalahan-permasalahan sosial yang tengah terjadi di masyarakat kita.

Kegiatan khusus bagi kelas karyawan ini tidak jarang dihadiri juga oleh mahasiswa dan mahasiswi kelas reguler yang haus akan informasi. Topik-topik pilihan yang menjadi bahan bahasan dalam KJS kadang datang dari para peserta sendiri, baik mengenai masalah yang tengah mereka hadapi ataupun mengenai masalah yang tengah menjadi trend-topic di masyarakat.

Narasumber yang menjadi pembicara berasal dari berbagai lembaga yang sudah memiliki reputasi yang baik di masyarakat. Para pengajar (wali santri) Pesantren Siswa Al Ma’soem (PSAM) tak jarang ikut mengisi menjadi pembicara pada kegiatan KJS. Belajar akhlak, tahfidz atau belajar membaca Al Qur’an kadang menjadi fokus utama dalam KJS, tak jarang mahasiswa meminta untuk diajari membaca Al Qur’an dengan benar selepas kegiatan KJS.

Perbedaan KJS dan KJP hanya terletak pada pelaksanaan kegiatannya saja, KJP sendiri diperuntukan bagi para mahasiswa dan mahasiswi reguler walaupun tak jarang mahasiswa dari non-regulerpun ikut dalam kegiatan tersebut. 

KJS juga kadang dimanfaatkan untuk kegiatan sosial laninya seperti menggalang dana untuk masyarakat atau melaksanakan kegiatan donor darah. Semoga dengan Kajian Jum’at Sore (KJS) ini diharapkan mahasiswa memiliki wawasan yang luas dan aplikatif baik untuk dirinya maupun untuk bekal dakwah di lingkungannya.

Alamat

Alamat Kontak
STIBANKS AL MASOEM
Yayasan Al Ma`soem Bandung
Jl. Raya Cileunyi Rancaekek No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798340 - 08112139222
website: www.stibanks.com
email: info@stibanks.com

 

STIBANKS Group
Copyright © 2017 AL MA'SOEM