Friday is Sport Day: Pekan Olahraga Seluruh Civitas Yayasan Al Masoem Bandung

Date : 2017-Dec-27

"Cageur Bageur Pinter" ! Itulah moto Yayasan Al Masoem yang selama ini selalu didengungkan kepada seluruh sivitasnya. Tidak hanya siswa, tetapi guru, dosen, pengelola dan seluruh karyawan pun ikut andil dalam menciptakan moto tersebut di dalam kehidupan sehari-hari. Jika dilihat dari moto tersebut, tampak bahwa kecerdasan dan akhlak itu akan berfungsi maksimal jika sesorang memiliki kesehatan, baik jasmani maupun piskis. Hal ini juga senada dengan salah satu Hadits yang menyebutkan bahwa orang yang kuat lebih dicintai Allah dibandingkan dengan yang lemah. Dalam konteks ini, seseorang yang memiliki kesehatan yang prima akan mampu menjalani aktivitasnya dengan lebih baik, termasuk belajar, bekerja dan beribadah. Hal inilah yang mendorong adanya budaya olahraga di Yayasan Al Masoem dari berbagai jenjang pendidikan (SD sampai Perguruan Tinggi).  

Dengan adanya berbagai fasilitas Olahraga seperti lapangan Badminton, Basket, Voli sampai Dome Mini Soccer/Futsal, maka dicanangkanlah pekan olahraga Al Masoem yang dikenal dengan istilah "Friday is Sport Day”. Pemilihan hari Jumat sebagai Sport Day tersebut dikarenakan hari Jumat adalah hari kerja terakhir sebelum akhir pekan sehingga suasana di sore harinya akan terasa lebih santai. Biasanya kegiatan ini dimulai dengan melakukan pemanasan bersama-sama seperti melakukan peregangan, tehnik pernafasan sampai melakukan joging mengitari 2 lapangan basket & voli. Setelah itu, mereka membuat pertandingan persahabatan antar karyawan, siswa, mahasiswa dan dosen yang ada di Yayasan Pendidikan AL Ma’Soem.

Bapak Agus Setiawan selaku pengurus lab komputer & lab multimedia mengatakan kegiatan olahraga bersama ini sangat banyak manfaatnya. Selain menghilangkan kejenuhan dari berbagai rutinitas seperti belajar, perkuliahan dan bekerja, kegiatan ini juga dapat mempererat silaturahmi diantara sivitas Yayasan Pendidikan AL Ma’soem. Selain itu, siswa SMK yang sedang melakukan PKL pun selalu diajak untuk turut serta dalam kegiatan FRIDAY SPORT ini. 

Hal senada juga dikemukakan oleh mantan ketua BEM AMIK – STIBANKS Al Ma’soem periode 2016/2017, Yanyan Suryana. Mahasiswa S1 STIBANKS AL Ma’Soem semester 7 ini mengatakan bahwa selain gemar berolahraga basket, dia juga dipercaya untuk melatih basket siswa siswi SMA. Dia juga menceritakan bahwa sering berinteraksi dengan siswa-siswa SMA membuat jiwa terus terasa muda sehingga mampu menghilangkan stres karena padatnya jadwal dan tugas perkuliahan.

Selama kegiatan ini berlangsung, terlihat banyak tawa dan suka cita yang menunjukkan bahwa olah raga merupakan media yang efektif untuk menyatukan perbedaan, dari mulai usia, jenjang pendidikan sampai pekerjaan. Rencananya kegiatan olahraga seperti ini akan dikembangkan oleh pihak Sekolah Tinggi Al Masoem dengan mengadakan "Masoem University Cup". Perhelatan tersebut merupakan pengembangan dari acara rutin tahunan yang dahulu dikenal dengan nama "AMIK CUP" dimana pihak STKOM-STIBANKS Al Maseom mengundang siswa SMA/SMK/MA sederajat dari sekolah lain untuk ikut serta dalam perlombaan di bidang olahraga, seni dan game.

Alamat

Alamat Kontak
STIBANKS AL MASOEM
Yayasan Al Ma`soem Bandung
Jl. Raya Cileunyi Rancaekek No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798340 - 08112139222
website: www.stibanks.com
email: info@stibanks.com

 

STIBANKS Group
Copyright © 2018 AL MA'SOEM