Hadapi Dunia Kerja; Kemampuan Soft Skill Penting

Date : 2016-Sep-01

Rabu (31/8) kemarin kampus AMIK dan STIBANKS Al Ma’soem menyelenggarakan Seminar Professional Public Speaking: Pengembangan Soft Skill untuk para mahasiswa tingkat akhir yang akan segera melaksanakan wisuda purna pada Sabtu, 3 September 2016 nanti. Bekerjasama dengan lembaga terkemuka; Synergy PRO kegiatan Public Speaking kemarin cukup mendapatkan perhatian yang besar dari para mahasiswa. Tercatat sebanyak 140 mahasiswa/mahasiswi AMIK dan STIBANKS Al Ma’soem yang akan menghadapi kelulusan.

Pimpinan Divisi Dikti dan Non-Formal AMIK – STIBANKS Al Ma’soem Drs. Yudhi Sirojudin, M. Ag., menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat penting untuk digelar karena dalam dunia kerja bukan hanya kemampuan hard skill yang dibutuhkan, tapi juga kemampuan soft skill para lulusan harus diperhatikan.

“Kemampuan dalam hal keterampilan sosial, komunikasi, berbahasa, kebiasaan pribadi, keramahan, dan optimisme seseorang saat masuk ke dunia kerja sama pentingnya dengan kemampuan mereka dalam menerapkan ilmu yang mereka punya atau hard skill mereka pada kondisi di dunia kerja. Oleh karena itu guna untuk mendorong keterampilan soft skill mereka maka kegiatan ini kami gelar,” terang Yudhi saat ditemui disela-sela pelaksanaan kegiatan Training Professional Public Speaking.

Seminar Professional Public Speaking: Pengembangan Soft Skill kali ini mengusung tema: “Mempersiapkan Lulusan AMIK & STIBANKS Al Ma’soem dalam Memasuki Dunia Kerja,” dengan pemateri R. Early, SE, M. Psi. Menurut Early dunia kerja sangat membutuhkan tenaga professional yang unggul dalam kemampuan hard skill dan juga pandai dalam aspek soft skill-nya juga.

“Berdasarkan penelitian dari Harvard University ditemukan bahwa suksesnya seseorang sangat ditentutkan oleh kemampuan hard skill dan terutama soft skill. Penelitian ini mengungkapkan, kesuksesan hanya ditentukan sekitar 20% oleh hard skill dan sisanya 80% oleh soft skill,” terang Early.

Lebih lanjut Early menjelaskan, “Hard Skill adalah kemampuan-kemampuan yang berdasarkan fakta dan bisa diajarkan serta bisa diukur. Sebagai contoh, kemampuan manajemen waktu, sales training, media sosial, accounting dan banyak lagi. Sedangkan Soft Skill bersifat less tangible (abstrak), dan sering kali diasosiasikan dengan kepribadian dan karakter, sebagai conoth; komunikasi, leadership, kerja sama dalam tim, kemudian proses adaptasi dengan lingkungan.”

Kemudian dengan banyaknya perusahaan yang fokus kepada kemampuan soft skill saat ini, diharapkan setiap lulusan AMIK dan STIBANKS Al Ma’soem bisa benar-benar memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya.

Alamat

Alamat Kontak
STIBANKS AL MASOEM
Yayasan Al Ma`soem Bandung
Jl. Raya Cileunyi Rancaekek No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798340 - 08112139222
website: www.stibanks.com
email: info@stibanks.com

 

STIBANKS Group
Copyright © 2017 AL MA'SOEM