Mahasiswa Baru; Adaptasi dengan Dunia Kampus

Date : 2016-Oct-13

Banyak kesulitan yang dialami oleh mahasiswa baru dalam menghadapi dunia perkuliahan; dari masalah materi perkuliahan, jam kuliah yang tidak teratur, hingga komunikasi secara langsung dengan dosen. Semua hal tersebut harus dilakukan sendiri oleh mahasiswa, tidak seperti saat mereka masih di bangku SMA dimana wali kelas masih berperan aktif dalam menuntun mereka di sekolah. Dengan prediakat mahasiswa yang mereka usung, para peserta didik dituntut untuk bisa berinisiatif tinggi dan mandiri dengan segala hal yang bersangkutan dengan setiap kegiatan di kampus.

Oleh karenanya para mahasiswa baru menghadapi kehidupan yang sangat berbeda dibandingkan dengan saat mereka masih bersekolah. Diperlukan cukup waktu untuk beradaptasi bagi mereka agar bisa menyesuaikan diri dengan rutinitas seorang mahasiswa yang lebih mandiri, lebih beretika dan bisa menyesuaika diri dengan rekan sesama mahasiswa beserta lingkungan kampus.

Sudah hampir sebulan para mahasiswa baru AMIK dan STIBAKS Al Ma’soem menjalani rutinitas mereka sebagai mahasiswa di kampus, walaupun porses adaptasi masih berjalan banyak dari mereka sudah bisa menikmati kehidupan mereka sebagai mahasiswa. Beberapa kegiatan yang dilangsungkan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) AMIK da STIBAKS Al Ma’soem di kampus menjadi telah menjadi wadah bagi para mahasiswa baru utu beradaptasi dengan kondisi kampus.

Kovergensi Prilaku Model Al Ma’soem (KPAM), merupakan pengenalan kampus AMIK dan STIBANKS Al Ma’soem bagi para mahasiswa baru. Didalamnya diperkenalkan “budaya” kampus Al Ma’soem kepada para mahasiswa baru; memperkenalkan lingkungan kampus, tata tertib, mensosialisasikan berbagai macam fasilitas yang disediakan beserta fungsinya, serta mengenalkan sarana prasarana dan layanan akademik yang ada. Selain itu KPAM berfungsi untuk menanamkan rasa ikut memiliki, menjaga dan melestarikan lingkungan kampus dan sekitarnya kepada mahasiswa.

Berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dilangsungkan juga dapat membantu para mahasiswa baru dalam beradaptasi dengan keadaan di kampus. Di AMIK dan STIBANKS Al Ma’soem kegatan UKM menjadi sangat penting bagi mahasiswa, bukan hanya sebagai wadah untuk membantu mahasiswa baru beradaptasi tapi juga bisa menjadi sarana untuk mengembangkan minat, bakat da potensi yang dimiliki oleh setiap mahasiswa.

Alamat

Alamat Kontak
STIBANKS AL MASOEM
Yayasan Al Ma`soem Bandung
Jl. Raya Cileunyi Rancaekek No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798340 - 08112139222
website: www.stibanks.com
email: info@stibanks.com

 

STIBANKS Group
Copyright © 2017 AL MA'SOEM