Mata Kuliah Fiqh Mu’amalah

Date : 2016-Feb-25

Fiqh secara umum dapat dimaknai sebagai suatu aturan main dalam kehidupan yang bersumber pada Al Qur’an dan Hadits. Fiqh mengandung kewajiban-kewajiban dari Allah S.W.T untuk manusia, agar manusia dapat menerapkan prilaku positif dalam hidupnya. Patuhnya manusia terhadap fiqh merupakan ciri dari kesalehan seorang manusia terhadap Allah S.W.T ataupun dalam kehidupan bermasyarakat.

Mata kuliah Fiqh Mu’amalah adalah mata kuliah dengan bobot 2 SKS yang mulai diberikan di semester IV hingga semester VII. Melalui mata kuliah Fiqh Mu’amalah mahasiswa diperkenalkan dengan bebagai macam materi yang berhubungan dengan general concept mengenai kajian Fiqh Mu’amalah; akad, hak milik, dan harta benda. Kemudian melalui mata kuliah ini diperkenalkan juga mengenai karakteristik Fiqh Mu’amalah, tantangan moderenisasi terhadap setiap konsep tersebut, kemudian komparasi konsep-konsep serupa yang terdapat dalam hukum perdata.

Konsep pengertian yang lebih luas mengenai Fiqh Mu’amalah didalamnya mencakup fiqh mawaris, fiqh jinayah, fiqh siyasah, dan lainya. Untuk konsep pengertian yang lebih sempit, Fiqh Mu’amalah dapat diartikan sebagai aturan yang menyangkut dengan hubungan mengenai kebendaan. Dengan ini Fiqh Mu’amalah hanya mencakup pembicaraan mengenai hak seseorang dalam hubungannya dengan pihak lainnya, seperti hak penjual yang menerima uang dari pembeli dan hak pembeli yang menerima barang dari penjual.

Mata Kuliah Fiqh Mu’amalah dirancang sedemikian rupa agar mahasiswa dapat mendiskusikan aturan main yang harus diikuti oleh seseorang terkait dengan benda yang ada di tangannya dan pemenuhan terhadap hak dan kewajiban benda dan orang yang memilikinya. Active learning di gunakan dalam proses pembelajaran mata kuliah Fiqh Mu’amalah ini, dengan begitu mahasiswa didorong berperan aktif dalam mempelajari materi mata kuliah sebagai sumber belajar. Oleh sebab itu, kegiatan perkuliahan seringkali diselenggarakan melalui presentasi makalah dan diskusi.

Alamat

Alamat Kontak
STIBANKS AL MASOEM
Yayasan Al Ma`soem Bandung
Jl. Raya Cileunyi Rancaekek No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798340 - 08112139222
website: www.stibanks.com
email: info@stibanks.com

 

STIBANKS Group
Copyright © 2017 AL MA'SOEM