Membidik Peluang di Era Revolusi Industri 4.0 [bag.2]

Date : 2018-Apr-05

Oleh : Topan Trianto ST.,M.Kom.,EM. / Dosen STKOM Al Ma’soem
Inilah peluang karir, bisnis dan profesional bagi yang memiliki keahlian di bidang teknologi informasi di era revolusi industri 4.0 :

 

1) Software Engineer

 

Software Engineer adalah seseorang yang mampu merancang, membangun dan mengembangan solusi perangkat lunak yang efektif untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan perusahaan khususnya di era industri 4.0. Seorang software engineer adalah yang memiliki ilmu dan bahasa pemrograman, ilmu pengembangan, pemeliharaan, testing, audit dan kontrol sistem. Seorang lulusan sistem informasi tentu saja memiliki peluang yang sangat besar untuk menjadi seorang Software Engineer, karena selama mendalami ilmu sistem informasi sudah pasti menguasai minimal pengembangan web dan arsitektur berbasis data. Karena di era serba otomatis, aplikasi berbasis web, sistem manajemen konten ke database dan sistem operasi merupakan bagian siklus hidup perusahaan.

Salary & Benefit
Besaran salary dari seorang software engineer rata-rata mencapai 8 - 15 jt-an per-bulan. Pendapatan ini sepadan karena melihat tanggungjawab dan keahlian dari seorang software engineer selain menguasai pemrograman dan system analyst, seorang software engineer juga harus menguasai ilmu Software Development Life Cycle (SDLC) sebagai pondasi dalam pengembangan software. Profesi sebagai software engineer biasanya dibutuhkan oleh perusahaan yang memang bergerak di bidang teknologi informasi, khususnya bidang pengembangan software.

 

2) IT Consultant

Seorang konsultan IT adalah profesi yang memiliki komunikasi yang hebat dan memiliki keterampilan mengelola organisasi perusahaan yang sangat baik serta pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang sistem IT

Konsultan IT merupakan salah satu profesi terbaik bagi lulusan sistem informasi yang mampu menerapkan teknologi informasi dalam perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi di suatu organisasi perusahaan. Konsultan IT adalah seorang yang berkonsentrasi mengintegrasikan teknologi informasi dalam perusahaan dan bertugas memberikan ide, saran atau gagasan pada klien dalam penggunaan teknologi informasi. Intinya seorang konsultan IT adalah IT solution bagi organisasi perusahaan.

 

Salary & Benefit
Penghasilan konsultan IT berada dikisaran 2 digit atau sekitar 10-30 jt-an. Dengan pengalaman yang signifikan, Anda dapat menghasilkan di wilayah Indonesia 20 jt-an.
Pada tingkat yang lebih senior, jika Anda telah mengidentifikasi area spesialis, gaji dapat berkisar dari 25 jt-an hingga 40 jt-an. Gaji yang tepat tergantung pada permintaan keahlian khusus Anda.
Gaji tergantung pada lokasi, ukuran dan jenis perusahaan dan biasanya terkait dengan kinerja.
Biasanya konsultan IT berada dalam kontrak dan tarif harian berkisar dari 1 jt-an hingga 5 jt-an per hari, tergantung pada pengalaman Anda dan bidang keahlian Anda.

 

3)Digital Content Specialist

Spesialis media digital adalah salah satu peluang karir, bisnis dan profesional di era industri 4.0. Dibidang ini seorang digital content speciailst harus mampu merancang, mendesign, sampai memimpin upaya pemasaran menggunakan media baru dan alat digital.
Kerja dibidang ini harus tahu cara menangani berbagai perangkat pemasaran online dan offline secara kreatif, khususnya pada pemasaran online seperti situs web, podcast, blog, viral video dan lain-lain. Akan lebih handal apabila ditambah kemampuan mengelola konten marketing, karena saat ini konten marketing telah menduduki peringkat pertama didalam top rated digital marketing technique.

Profesi Digital Marketing seperti ini juga akan sangat dibutuhkan oleh dunia Perbankan, baik konvensional maupun syariah. Dengan adanya kreativitas tinggi dalam bentuk Pemasaran Dgital yang disertai pemahaman perilaku konsumen (nasabah), maka semakin besar pula calon nasabah yang akan tertarik untuk menyimpan uangnnya di bank tersebut. Hal ini juga akan merubah Mindset masyarakat tentang Citra Bank yang baik. Diprediksi beberapa tahun ke depan, Citra Bank yang baik adalah Bank yang memanjakan dan memudahkan konsumennya dalam bertransaksi dengan segala kecanggihan teknologinya.

Salary & benefit
Rata-rata gaji seorang digital content specialist dengan standar lulusan S1 ada dikisaran 5-12 jt-an per bulan tergantung dari kemampuan dan kreatifitas untuk meningkatkan penjualan dan pengembangan produk dan untuk memastikan konsistensi brand perusahaan. Bahkan seorang digital content specialist harus bisa memberikan saran dan menerapkan metode pemasaran langsung untuk meningkatkan profitabilitas, memantau ROI dan KPI dan tetap up-to-date dengan perkembangan media digital khususnya di era marketing 4.0.

Alamat

Alamat Kontak
STIBANKS AL MASOEM
Yayasan Al Ma`soem Bandung
Jl. Raya Cileunyi Rancaekek No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798340 - 08112139222
website: www.stibanks.com
email: info@stibanks.com

 

STIBANKS Group
Copyright © 2018 AL MA'SOEM