Program Praktik Kerja Pendidikan Tinggi Al Ma'soem

Date : 2015-Jun-11

Dalam mempersiapkan lulusan yang handal dan profesional, Yayasan Pendidikan Al Ma’soem mengembangkan strategi yang berkaitan dengan kurikulum bagi siswa STIBANKS dan Amik Al Ma’soem salah satunya yaitu melalui program praktik kerja untuk seluruh mahasiswanya. Program praktik kerja diberikan kepada mahasiswa semester II, semester IV, dan semester VI. Program praktik kerja untuk mahasiswa tingkat satu disebut dengan PPL (Praktik Pengenalan Lapangan), untuk mahasiswa tingkat dua disebut dengan PAL (Praktik Adaptasi Lapangan), dan untuk mahasiswa tingkat tiga disebut PKL (Praktik Kerja Lapangan).

Sesuai dengan namanya, PPL untuk mahasiswa tingkat satu hanya bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa kepada lingkungan kerja. Lama PPL biasanya hanya satu minggu. Sedangkan PAL bertujuan agar mahasiswa beradaptasi dengan lingkungan kerja yang berdasarkan kepada disiplin ilmu yang telah didapat di perkuliahan. Lama PAL lebih lama biasanya satu bulan. Dan untuk PKL, mahasiswa di harapkan bisa menyesuakan diri kepada situasi dunia kerja yang sebenarnya dengan menerapkan semua ilmu yang telah diterimanya. Lamanya masa PKL untuk mahasiswa yakni 40 hari masa efektif kerja.

Tujuan yang diharapkan dengan adanya program praktik kerja ini adalah:
1. Memberikan latihan kerja kepada mahasiswa.
2. Memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk bisa menerapkan teori yang didapatkan dalam perkuliahan pada lingkungan kerja nyata.
3. Melatih mahasiswa agar mempunyai kedisiplinan dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas.
4. Melatih mahasiswa untuk dapat bekerja bersama-sama dengan mitra kerjanya.
5. Melatih mahasiswa untuk mengenal teknologi yang digunakan dalam dunia kerja.
6. Melatih mahasiswa untuk bisa mempresentasikan hasil pembuatan program yang dibuatnya selama melakukan praktik kerja (untuk mahasiswa PAL dan PKL).

Untuk mendukung program praktik kerja ini, Al Ma’soem group menjalin kemitraan dengan berbagai industri dan organisasi profesi. Jalinan kerja sama yang di jalin oleh Ma’soem group tak terbatas pada perusahaan dalam negri saja tapi juga dengan perusahaan asing.

Menurut bapak Asep Dedi Suhendri, Humas Kerja Sama Yayasan Al Ma’soem, lembaga Al Ma’soem sudah melakukan kerja sama dengan Ma’soem group, Kahatex, Delami, Coca-Cola, Ictext, Polyfin, Moatex, dll. Tidak hanya itu, kerja sama juga dijalin dengan asosiasi profesi seperti Himpi dan Apindo. Bahkan untuk Apindo sendiri permintaan tenaga kerja yang mereka minta masih belum terpenuhi.

 

 

 

Alamat

Alamat Kontak
STIBANKS AL MASOEM
Yayasan Al Ma`soem Bandung
Jl. Raya Cileunyi Rancaekek No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798340 - 08112139222
website: www.stibanks.com
email: info@stibanks.com

 

STIBANKS Group
Copyright © 2019 AL MA'SOEM