Seminar Entrepreneurship – Industri Kreatif

Date : 2016-Jun-04

Dunia entrepreneurship atau wirausaha di Indonesia sedang mengalami ketertinggalan dibandingkan dengan negara-negara tetangga kita lainnya di ASEAN. Berdasarkan data dari HIPMI, rasio jumlah pengusaha Indonesia masih jauh tertinggal dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya; Singapura (7%), Malaysia (5%), Thailand (4,5%) dan Vietnam (3,3%). Untuk meningkatkan presentase pengusaha di Indonesia maka dibutuhkan pengenalan terhadap dunia entrepreneur pada para generasi muda kita. Kalangan mahasiswa merupakan golongan muda Indonesia yang paling berpotensial untuk menjadi entrepreneur muda yang sukses dan inovatif.

Mahasiswa sebagai agen perubahan yang memiliki konowledge akan memegang peranan penting dalam meningkatkan daya saing bangsa. Sehingga jika dirintis passion wirausaha dan potensi yang mereka miliki akan lebih terasah lagi dengan baik untuk menjadi entrepreneuryang sukses di masa mendatang.

Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas dan semangat dalam diri mahasiswa AMIK dan STIBANKS Al Ma’soem pada dunia wirausaha Senin 30 Mei 2016 lalu Pusat Karir (Career Centre) AMIK – STIBANKS Al Ma’soem bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) menyelenggarakan seminar dengan tema Pengembangan “IT dan Soft Skill untuk Masa Depan.”

Seminar wirausahawan – IT tersebut dilaksanakan dengan mendatangkan pembica Muhammad Adjie Co-founder sekaligus CEO Tinker Games. Tingker Game adalah game developer (studio game) Indonesia asal Bandung yang khusus mengembangkan aplikasi mobile game. Mahasiswa harus bisa merubah mind-set yang mereka miliki agar bisa beradaptasai dengan perkembangan yang ada, kata Ajie. “Mind-set mahasiswa kita saat ini harus bisa dirubah, mereka harus bisa memanfaatkan setiap peluang yang ada. Menjadi seorang pegawai/karyawan itu baik, tapi alangkah baiknya lagi jika kita bisa ikut menyediakan lapangan pekerjaan dengan menjadi entrepreneur yang sukses,” terang Ajie.

“Semenjak tahun 2014/2015 lalu industri bisnis kreatif di Indonesia mulai berkembang dengan pesat khususnya bisinis start-up, oleh karena itu mahasiswa harus bisa memanfaatkan celah dengan mengembangkan skill agar bisa ikut mengembangkan dunia entrepreneurship Indonesia,” terang Ajie.

Menurut Ajie industri kreatif di Indonesia sedang mengalami kenaikan/perkembangan yang sangat pesat, imbasnya keuntungan dalam bidang kreatif sangat menjanjikan. Oleh sebab itu mahasiswa sebagai agent of change harus dapat menjadi pioneer dalam memanfaatkan dan mengembangakan kesempatan yang ada.

Alamat

Alamat Kontak
STIBANKS AL MASOEM
Yayasan Al Ma`soem Bandung
Jl. Raya Cileunyi Rancaekek No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798340 - 08112139222
website: www.stibanks.com
email: info@stibanks.com

 

STIBANKS Group
Copyright © 2017 AL MA'SOEM