Seminar Perbankan Syari'ah :: Antara Idealisme dan Realita

Date : 2015-May-30

SEMINAR
“PERBANKAN SYARIAH : ANTARA IDEALISME DAN REALITA”
Sabtu, 30 Mei 2015 Kampus Al Ma’soem Jatinangor
Pembicara : Bapak Harry A.S. Sukandis, Drs.Ak. (Direktur Utama PT. BTPN Syariah) dan Bapak Agustianto, Drs., M.Ag. (Ketua I Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia - IAEI).

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. dan janganlah kamu membunuh dirimu; Sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu” (Al-Nisa':29)

Pesatnya perkembangan ekonomi syariah akhir-akhir ini ditandai dengan maraknya pertumbuhan institusi usaha dan lembaga keuangan Bank dan non Bank yang menerapkan konsep syariah. Seperti perbankan, asuransi, pegadaian, pasar modal, koperasi, hotel, pasar swalayan dan lain sebagainya. Fenomena ini menggambarkan bahwa sistem ekonomi sedang menuju titik fitrahnya, yaitu kembali kepada sistem ekonomi ilahiah.

Geliat Ekonomi Islam yang berkembang dalam sepuluh tahun belakangan ini juga memberikan stimulus kepada dunia kampus untuk mengembangkan studi Ekonomi Islam terutama terkait Perbankan Syariah untuk menyiapkan sumber daya manusia dalam menghadapi dunia kerja pada lembaga usaha yang berbasis syariah.
Namun seiring dengan perkembangan dunia perbankan syariah yang pesat, diperlukan pemahaman yang benar tentang Bank Syariah agar dalam praktiknya bisa sejalan dengan idealisme yang sejati, yaitu menjalankan syariah Islam dalam hal ekonomi. Seperti diketahui, saat ini terdapat stigma bahwa Bank Syariah hanyalah sekadar Bank Konvensional yang “dilabeli” kata Syariah.
Berdasarkan keadaan tersebut, adalah kewajiban bagi penyelenggara pendidikan Ekonomi Syariah serta Asosiasi Perbankan Syariah untuk meninjau dan meluruskan kembali praktik Perbankan Syariah kepada idealisme yang sejatinya.
Dengan demikian STIBANKS Al Ma’soem selaku perguruan tinggi Perbankan Syariah pertama di Jawa Barat bermaksud menjalakan ilmu perbankan syariah yang sesuai dengan idealisme sejatinya. Darinya diharapkan lulusan STIBANKS Al Ma’soem mampu menerapkan dan mengembangkan praktik ekonomi Islam yang murni di masyarakat.
Melalui seminar ini, tujuan yang diharapkan antara lain : Mengenalkan Praktik Bank Syariah; Menyamakan Persepsi terkait Praktik Bank Syariah di Indonesia; Memberikan informasi tentang perbedaan Bank Syariah dengan Bank Konvensional lainnya; Serta Menambah wawasan tentang Bank Syariah. Dengan sasaran khususnya Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah, Pelaku Usaha Ekonomi Syariah, serta Pimpinan dan Karyawan Bank Syariah se-Jawa Barat.

Ikuti Acara Seminar Klik Disini

 

 

Alamat

Alamat Kontak
STIBANKS AL MASOEM
Yayasan Al Ma`soem Bandung
Jl. Raya Cileunyi Rancaekek No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798340 - 08112139222
website: www.stibanks.com
email: info@stibanks.com

 

STIBANKS Group
Copyright © 2017 AL MA'SOEM