STIBANKS Al Masoem Menghadiri Rapat Kordinasi Dengan Kopertais dan PTKIS

Date : 2017-Nov-21

 Pertengahan bulan November, Koordinasi Perguruan Tinggi Agama Islam (KOPERTAIS) baru saja mengadakan Rapat Kordinasi (Rakor) dengan beberapa perguruan tinggi swasta di lingkungan wilayah II (Jawa Barat &Banten). Tidak semua perguruan tinggi yang diundang untuk Rakor yang diselenggarakan di Hotel Horison Bandung tersebut. Kampus / perguruan tinggi yang mengikuti rapat akbar ini merupakan lembaga yang tergabung dalam Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, khususnya Swasta atau biasa dikenal dengan PTKIS.

Adapun tema yang diangkat dalam Rakor kali ini adalah “Disiplin Regulasi Untuk Peningkatan Akreditasi”. Tujuan rakor yang diselenggarakan selama dua hari ini lebih mengarah kepada penyuluhan serta bimbingan kepada seluruh anggota PTKIS yang ada di wilayah II, khususnya dalam kelengkapan administrasi onlie yang nantinya data dari masing-masing PTS akan dapat divalidasi/di cek oleh pihak KOPERTAIS. Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa pada era digital seperti sekarang ini, suatu lembaga, khususnya lembaga pendidikan sangat penting memiliki data online supaya memprosesan informasi bisa diakses lebih cepat. Maka dari itulah, peran karyawan bagian IT sangat vital untuk memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan pemerintah tersebut. 

Sekolah Tinggi Ilmu Perbankan Syariah (STIBANKS) Al Masoem yang merupakan salah satu PTKIS sekaligus berada di bawah naungan KOPERTAIS tentu saja tidak luput dari persyaratan tersebut. Akan tetapi dengan sejarah dari yayasan Al Masoem yang sebelumnya sudah memiliki sumber daya manusia yang berlatar belakang pendidikan IT, maka penginputan data secera online tidak sulit untuk dilakukan. Adapun bebrapa data penting yang perlu diinput antyara lain, ketersedian dosen tetap, fasilitas, sarana pra sarana, jumlah mahasiswa dan lain-lain.

 

 

Pada rapat hari kedua, para peserta dibagi menjadi 3 komisi yang didalamnya membahas bidang yang berbeda-beda sebelum akhirnya akan dibahas pada rapat pleno yang lebih besar. Beberapa bidang seperti kemahasiswaan, kerjasama, penelitian, organisasi dan lain sebagainya dibahas oleh masing-masing PTS dan dimusyawarahkan untuk mencapai mufakat. Dari semua perbedaan pendapat, akhirnya seluruh peserta sepakat bahwa ke depannya sangat penitng PTKIS memiliki suatu asosiasi seperti APTISI. Asosiasi yang diberi nama APTAIS ini nantinya berfungsi sebagai wadah aspirasi dan menjembatani antara PTKIS dengan KOPERTAIS.

Seluruh peserta yang hadir pun merasakan manfaat dari adanya acara tahunan ini dikarenakan selain sebagai ajang silaturahmi dan penyusunan program ke depan, rapat seperti ini juga berfungsi sebagai evaluasi dari setiap PTS terkait hal-hal yang belum terlaksana dengan baik di lembaga mereka. Selain itu, rakor ini sangat bermanfaat bagi PTS yang baru berdiri ataupun yang sedang berkembang karena mampu dirasa memberikan bimbingan dan informasi penting terkait persyaratan yang sudah ditetapkan pemerintah.

 

Alamat

Alamat Kontak
STIBANKS AL MASOEM
Yayasan Al Ma`soem Bandung
Jl. Raya Cileunyi Rancaekek No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798340 - 08112139222
website: www.stibanks.com
email: info@stibanks.com

 

STIBANKS Group
Copyright © 2017 AL MA'SOEM